Yatim Bright

Yatim Bright merupakan program pendampingan anak Yatim, Yatim piatu, atau dhuafa agar mereka dapat melanjutkan sekolah dan mewujudkan mimpi-mipinya.

Latar Belakang

Anak sebagai individu memiliki hak yang sama dengan manusia dewasa. Anak memiliki berbagai kesempatan dan hak baik dalam pendidikan, kesamaan maupun peran dalam pembangunan negaranya. Seperti yang disampaikan dalam konvensi hak anak tahun 1989 dan UU no.35 tahun 2014 bahwa setiap anak berhak mendapatkan pendidikan yang berkualitas. Hal ini juga sesuai dengan SDG’s tahun 2015 nomor 4 mengenai kualitas pendidikan. Menurut laporan Program for International Student Assesment pada tahun 2015, Indonesia menempati peringkat 62 dari 72 negara.

Tahun 2017 World Education Ranking yang diterbitkan Organization for Economic Co-operation and Development (OECD), Indonesia menempati urutan ke 57 dari 65 negara dari segi membaca, matematika, dan ilmu pengetahuan. Di Indonesia sendiri 6% anak dari 53 juta anak mengalami putus sekolah

Salah satu penyebab anak putus sekolah di beberapa daerah yaitu faktor ekonomi yang kurang memadai. Sesuai dengan amanat UU no. 20 Tahun 2003 bahwa inti dari pendidikan adalah mengembangkan potensi anak. Maka, Sekolah Relawan berinisiatif untuk memberikan pendampingan bagi anak yatim, yatim piatu, dan dhuafa untuk mendapakan salah satu hak nya mengenyam pendidikan dan mengembangkan keahliannya melalui program Yatim Bright. Melalui program ini harapannya anak-anak asuh tetap mendapatkan pendidikan yang layak dan mampu untuk mengembangkan kreativitasnya dan bermanfaat untuk bangsa.

Tujuan
1. Mengurangi 0,0002% angka putus sekolah di Indonesia.
2. Meningkatkan mutu anak bangsa sebagai generasi solusi.
3. Meningkatkan pengetahuan anak yatim dan duafa Indonesia agar mampu mengaktualisasikan diri.
4. Meningkatkan keterampilan anak yatim dan dhuafa Indonesia dalam interaksi sosialnya.
5. Memberi kesempatan yatim dan dhuafa dalam mengembangkan minat dan bakatnya.
6. Meningkatkan rasa empati dan partisipasi antar sesama yang diciptakan melalui sistem orang tua asuh, korwil, mentor, serta anak asuh

Misi

Menjadi penggerak bagi anak yatim dan dhuafa Indonesia untuk mengembangkan kualitas pendidikan dan keterampilan hidup.

Visi

1. Meningkatkan keberfungsian sosial anak yatim dan dhuafa.
2. Mengembangkan potensi akademik dan non akademik anak yatim dan dhuafa.
3. Meningkatkan partisipasi masyarakat dan dukungannya untuk mimpi anak yatim dan dhuafa.

Mari Jadi Bagian Dari Kami

Mendampingi dan membantu mengembangkan keahlian atau ketrampilan anak-anak.

Donasi Sekarang